Minggu, 21 Desember 2014

Bagaimana menjadi seorang VMware vExpert?


Setiap tahun, VMware menyelenggarakan Program seleksi dan pemberian penghargaan berupa “VMware vExpert” bagi orang-orang yang telah membuat beberapa kontribusi yang sangat penting untuk masyarakat VMWare. Mereka ini adalah para blogger, penulis buku, Leader VMUG, speaker / pembicara, pembuat tool, tokoh masyarakat dan penggemar umum. Mereka bekerja sebagai admin IT dan arsitek bagi pelanggan VMware, mereka bertindak sebagai penasihat terpercaya dan pelaksana untuk mitra VMWare atau sebagai konsultan independen, dan beberapa pekerjaan untuk VMware sendiri. Semua dari mereka ini memiliki semangat dan antusiasme untuk teknologi serta menerapkan teknologi untuk memecahkan masalah. Mereka telah memberikan kontribusi bagi keberhasilan kita semua dengan berbagi pengetahuan dan keahlian mereka selama hari-hari mereka, malam, dan akhir pekan. Mereka adalah kelompok yang paling menarik dan paling berbakat dalam dunia IT.


Jadi “VMware vExpert” adalah penghargaan yang diberikan oleh VMware kepada siapa saja yang memenuhi kriteria diatas dan penghargaan ini diluar sertifikasi keahlian yang diperoleh dari exam VMWare. Dan penghargaan ini diberikan karena jasa person yang terpilih tersebut dan merupakan penghargaan yang tidak dapat dibeli serta tidak dapat dijual.

ada 3 jalur untuk menjadi VMWare vExpert :

1. Evangelist Path :
Evangelist Path meliputi penulis buku, blogger, pembuat tool, pembicara publik, VMTN kontributor dan profesional IT lainnya yang berbagi pengetahuan dan semangat mereka dengan orang lain dengan leverage platform publik milik pribadi untuk menjangkau banyak orang. Karyawan VMware juga dapat menerapkan melalui Evangelist Path. Sebuah referensi karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum atau yang dalam bahasa lain selain bahasa Inggris.

2. Customer Path :
Customer Path adalah bagi para leaders dari organisasi customer VMware. Mereka telah menjadi juara pada internal organisasi mereka atau bekerja sama dengan VMware untuk membangun kisah sukses, bertindak sebagai referensi pelanggan, memberikan wawancara dengan publik, berbicara di konferensi atau yang menjadi leaders VMUG. Sebuah referensi dari karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum.

3. VPN Path (VMware Partner Network) :
VPN Path untuk karyawan perusahaan mitra VMware yang memimpin dengan semangat dan teladan, yang berkomitmen untuk terus belajar melalui akreditasi dan sertifikasi dan untuk membuat pengetahuan teknis dan keahlian yang tersedia bagi banyak orang. Hal ini dapat mengambil bentuk partisipasi acara, video, generasi IP, serta ceramah umum. Sebuah referensi karyawan VMware diperlukan untuk kandidat VPN Path.
Tips & Trik dari saya pribadi adalah sebagai berikut :

1. Kalau kita tidak punya teori atau konsep, susah untuk berlatih. Kita kalau kurang berlatih, susah untuk bisa mahir atau expert atau lebih berpengalaman. Kalau kita kurang expert atau kurang pengalaman, susah untuk mendapatkan kepercayaan dalam membangun Sistem yang high end tersebut.

2. Semuanya berangkat dari bawah… Dari nol… Dari kecil… Karena ini semua yang akan menjadi pondasi sesuatu yang besar. So… apa yang harus kita lakukan??? Kalau kita sudah memulainya dengan latihan setiap hari… Lalu lanjutkan dengan bentuk artikel… Nah… Artikel tersebut selain menjadi dokumentasi pribadi juga merupakan eksistensi kita sekaligus kontribusi kita untuk masyarakat luas. Selanjutnya mereka yang membaca bisa menilai kita bahkan memberi kepercayaan kepada kita…

3. Jangan lupa bahwa pembaca blog kecil kita diantaranya adalah orang-orang IT Level Midle Manajemen. Penyajian artikel yang bagus, rapi, terstruktur, sistematis dan mudah dipahami akan memberikan kredit point tentang personality kita. Bahasa atau cara ngomong kita di FaceBook, juga menjadi penilaian tersendiri… Makanya… Saya yakin teman-teman sangat menjaga etika & kesopanan walaupun dalam hal kecil, ngobrol atau update status di FB…

4. Memulai dengan artikel? Promosi / publikasi artikel?
Yup… Saya sering koq tanyakan ke customer besar yang saya handle project-nya. Dapat kontak atau ID saya dari mana pak? Dengan enteng mereka menjawab : “Dari Google. Dari Blog-nya Pak Nathan, Thinkxfree”. Publikasi artikel Narsis itu bukan sekedar nampang doang, tapi bagian dari pencitraan. So… Tetap semangat… Spirit saya : “Apa yang kita lakukan ( latihan, riset, explorasi, oprex ), apa yang kita sharing ( status positif, artikel, dll ), ITU TIDAK AKAN PERNAH SIA-SIA”.

 5. Selain sharing artikel sebanyak mungkin, beberapa aktifitas kita yang menunjang kredit point sebagai kandidat vExpert adalah :
  • Membuat video tutorial tentang VMWare dan diupload ke Youtube.
  • Membuat Workshop atau Training VMWare.
  • Membuat event seminar atau sebagai pembicara dalam seminar tentang Virtualisasi VMWare.
  • Membuat event bertemakan Virtualisasi VMWare.
  • Membuat Makalah atau Paper atau Skripsi atau Thesis dengan tema / materi Teknologi VMWare.
  • Implementasi Project Virtualisasi Server.
  • Menerima Sertifikasi atau Akreditasi dari VMWare atau Partner Virtualisasi lainnya.
  • Mengikuti program berupa pengujian atau testing fungsionality aplikasi yang diadakan oleh VMWare.
Diringkas dari sumber tulisannya disini:
http://nathangustiryan.wordpress.com/2014/11/15/how-to-become-a-vmware-vexpert-bagaimana-menjadi-seorang-vmware-vexpert/


NB:
sampai saat ini di indonesia ada 6 orang VMware vExpert, mereka adalah:
Nathan Gusti Ryan (Penulis artikel ini)
Naufal Assagaf (admin blog ini)

Title: Bagaimana menjadi seorang VMware vExpert?; Written by Naufal Assagaf; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar