Kamis, 13 Maret 2014

Diskusi tentang Multiple Extents

Bagi administrator vSphere pasti umumnya sudah cukup familiar dengan istilah extend VMFS volume, yaitu menambah/memperbesar kapasitas volume VMFS pada suatu datastore. 

Terkait dengan VMFS, tulisan ini merupakan hasil diskusi pada group WhatsApp komunitas VMUG ID mengenai pembahasan menggunakan extents pada VMFS volume, yaitu pada tanggal 12 Maret 2014 berawal dari adanya yang menanyakan pendapat rekan-rekan VMUG ID mengenai gambar berikut ini :


Sebagaimana nampak pada gambar diatas, itu adalah sebuah tampilan Volume Properties VMFS yang di extend dengan 5 LUN. Maka terjadilah diskusi mengenai hal itu, berikut ini komentar dari opini rekan-rekan VMUG ID sebagai jawaban dari pertanyaan "Kira-kira apa kelemahannya ya?", diantaranya:
- "Biasanya multiple extent dihindari krn khawatir kalau LUNnya lepas corrupt, susah restore dll" (komentar Bayu Wibowo - VMware Indonesia)
- "Saya gak pake extent, takuuttt. Ada db besar, file dbnya yg dipisah" (komentar Rachmat Adriyanto - Asuransi Astra Buana"
- "Not recommended pak, Kalau LUN pertama failed, data akan hilang semua. Pointer ke extent LUN disimpan di LUN pertama. Apalagi campur array begitu. Performancenya sulit dipredict" (komentar Shiraz Erosagon - VMware Indonesia)
- "jarang kita extend pak novi, alasannya spt yg bro eros sampaikan" (komentar Muhammad Faisal - VMware Indonesia)

Pada diskusi tersebut juga di share beberapa artikel terkait permasalahan penggunaan extents:

Kesimpulannya, penggunaan multiple extent dengan beberapa LUN tidaklah direkomendasikan dengan alasan: LUN-LUN satu dengan yang lain yang digunakan sebagai extents akan saling tergantung sehingga menjadi riskan/beresiko karena jika salah satu LUN pada extents bermasalah atau koneksinya lepas / offline (apalagi jika yang bermasalah adalah LUN yang pertama), maka data VM yang ada pada datastore tersebut akan corrupt jika sebagian (atau semua) datanya ada di LUN yang bermasalah itu. Ini sudah cukup menjadi alasan kuat untuk menghindari penggunaan extents, ditambah lagi jika beberapa LUN yang di jadikan extent diambil dari storage array yang berlainan, hal itu dikhawatirkan akan mempengaruhi performance.

Mungkin ada pertanyaan, jika demikian, lalu kapan atau dalam kondisi bagaimana yang bisa dijadikan alasan tepat untuk penggunaan extents ? jawabnya adalah jika ada satu atau beberapa VM yang tidak bisa power-on karena freespace datastore habis yang mungkin disebabkan adanya banyak snapshot. Dalam kondisi seperti itu maka penggunaan extent dapat menjadi solusi sementara sekedar agar VM yang gagal power-on dapat normal kembali, tapi setelah itu harus di buat datastore baru dari sebuah LUN dengan kapasitas yang lebih besar lalu pindahkan isi datastore (misalkan dengan menggunaakn vStorageMotion) yang telah diextend ke datastore baru yang kapasitasnya lebih besar.

Best-Practise pembuatan VMFS adalah dengan satu LUN yang besar sesuai yang dibutuhkan dengan telah mempertimbangkan pertumbuhan usagenya. Jika suatu saat datastore existing sudah tidak mencukupi dan butuh yang lebih besar, maka buatlah datastore baru dengan sebuah LUN baru berkapasitas lebih besar, kemudian pindahkan VM dari datastore yang sudah penuh ke datastore baru yang lebih besar. Cara itu lebih direkomendasikan daripada menggunakan extents pada pada datastore yang sudah penuh.



Title: Diskusi tentang Multiple Extents; Written by Naufal Assagaf; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar