Selasa, 01 Juli 2014

Trik untuk mengetahui "apakah perlu meng-upgrade atau menambah jumlah host?"


Untuk mengetahui apakah dalam satu cluster perlu meng-upgrade resources / menambah jumlah host ada beberapa cara yaitu:
1. Gunakan vCOPs
2. Minta bantuan partner vmware
3. Manfaatkan fitur Maintenance Mode
4. Manfaatkan fitur DPM (Distribution Power Management)

Di bawah ini saya akan coba sharing semua cara yang saya sebutkan itu :

1. Gunakan vCOPs (vCenter Operations Manager) :
Cukup download dan install, untuk pembahasan vCOPs semoga ada waktu untuk menulis artikel tentang vCOPs. Metode ini membutuhkan biaya ekstra yaitu untuk membeli lisensinya.

2. Minta bantuan partner VMware :
Cukup kirim email ke vmware partner, contohnya:
"Halo partner, saya ingin tahu apakah sudah saatnya meng-upgrade compute resource host, mohon bantuannya untuk menghitung kebutuhan itu. Kalau memang ada kebutuhan, sekalian kirimkan penawarannya".

Nanti partner akan datang dan akan membantu menghitungnya. Semoga partnernya gak matre yang bagaimanapun keadaannya, harus upgrade :) (just kidding, mohon partner tidak marah)
Sayangnya metode ini membutuhkan waktu.

3. Manfaatkan fitur Maintenance Mode
Ini adalah fitur yang sudah ada di vCenter dan tidak perlu membeli, dan membutuhkan waktu yang cepat, hanya kurang dari 1 jam.

Dalam satu cluster, melakukan Maintenance Mode pada salah satu host akan memindah semua VM yang ada pada host tersebut ke host lain yang masih dalam satu cluster yang sama.

Hal ini rutin saya lakukan biasanya sebulan sekali, karena dengan adanya VM, penambahan server menjadi kurang terkontrol. Maintenance mode akan memindahkan semua VM yang ada pada host tersebut secara otomatis. Caranya, pada satu cluster, jalankan maintenance mode pada host yang paling besar resource CPU & RAM nya, sebagai simulasi bila host ini down, maka simulasi ini akan memastikan apakah host yang tersisa dalam cluster masih memiliki cukup resources untuk menjalankan VM yang ada.

Contohnya : sebelum dijalankan maintenance mode



Saya jalankan maintenance mode pada host dengan resource paling besar, yaitu esx2 yg memiliki RAM 128 GB. Hasilnya :



Kesimpulannya, cluster Production2 masih memiliki resource yang cukup bila ada host yang mati. Hanya saja, bila melihat utilisasi memory, jika akan ada penambahan jumlah VM atau memory VM, maka sebaiknya memory fisik perlu diupgrade.

4. Manfaatkan fitur DPM (Distribution Power Management)
Fitur DPM ini digunakan untuk menidurkan (sleep) host ketika VM-VM yang ada dapat dipindahkan ke host lain jika utilisasi host lainnya belum maksimal. DPM ini berjalan secara otomatis (berbeda dengan maintenance mode yang harus dijalankan manual), sehingga monitoring ini membutuhkan campur tangan yang minimal dari VMware admin. Contoh di bawah adalah DPM menidurkan host -esx11, dan terlihat utilisasi host yang bangun sehingga dari hasil ini, host masih aman.


Metode no.4 biasanya saya jalankan terus menerus. Bila ternyata ada 1 cluster yang ada hostnya tidak tidur, berarti kemungkinan kapasitas cluster yang ada perlu diupgrade. Bila ini terjadi, saya akan melakukan metode no.3, untuk memastikan memang perlu melakukan upgrade.


Sumber: pengalaman dari trik yang saya lakukan :)
Title: Trik untuk mengetahui "apakah perlu meng-upgrade atau menambah jumlah host?"; Written by Naufal Assagaf; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar