Rabu, 11 Juni 2014

Keuntungan Disaster Recovery di Cloud

oleh Purwandi*

Banjir, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Kerusuhan Massa, Kebakaran adalah hal yang tidak diharapkan tetapi kita harus antisipasi dengan cara yang bijak supaya keberlangsungan bisnis tetap berjalan. Tentunya dengan
Disaster Recovery Site yang bisa menjawab tantangan diatas maka bisnis anda akan tetap berjalan dan system backbone dari bisnis anda ada di infrastruktur IT anda. 
So, bagaimana menjaganya supaya tetap berjalan normal dikondisi apapun dan kapanpun?

Mengapa Disaster Recoverynya di Cloud?
Nah saya pernah tanyakan hal ini ke Mr. IC dan beliau memberikan pencerahan buat diri saya, beliau menjawab,  “ Disaster Recovery di cloud adalah Disaster Recovery pada Infrastruktur IT dengan pendekatan teknologi virtualisasi, jadi semuanya baik itu Server, Operating System, Aplikasi dan Patch Management semua terintegrasi dalam satu kesatuan utuh Cloud Disaster Recovery”.
Jika dibandingkan Disaster Recovery Non Virtual akan membutuhkan waktu yang lebih besar karena akan ada depedencies ke sisi hardwarenya baik kompabilitas maupun performancenya pada saat restore.
Sedangkan di Virtualisasi tidak melihat fisik lagi selama CPU dan RAM masih cukup berjalan dengan baik  sesuai dengan yang Productionnya.
Disaster Recovery  harus bisa Provisioning yang Cepat, Skalabilitas  dan Elastisitas tentunya didukung dengan Cost Effective.

Perhatikan bagan dibawah ini :

Panah Merah = Disaster Recovery di Cloud, perhatikanlah waktu yang diperlukan buat recovery baik Online Backup, Warm Site DR dan Hot Site DR memerlukan waktu yang lebih cepat dan lebih cost effective jika dibandingkan dengan panah hitam (fisik)
Panah Hitam = Disaster Recovery Era Fisik dimana masih banyak ketergantungan disisi fisik server dan memerlukan waktu yang lebih panjang untuk proses Online Backup, Warm Site dan Hot Site DR, tentunya tidak cost effective.

Disaster Recovery di Cloud akan memangkas budget hardware kita , sebagai contoh Tape Backup proses akan menjadi lebih lama dalam proses backup dan lebih cepat dalam proses recovery karena prosesnya lebih pendek jika dibandingkan dengan Fisik yang harus dibackup kedalam tape backup.
Belum lagi adanya Teknologi Storage yang mensupport Disaster Recovery di Cloud yakni Storage Area Network atau lebih populer disebut SAN Storage. Adapun fitur khusus dari SAN Storage adalah Replikasi antar SAN ke SAN Storage yang lain (antar site DR) yang kecepatan replikasinya lebih cepat bahkan real time.

Bahkan dengan teknologi ini bisa memungkinkan Proses Recovery lebih cepat, bayangkan jika Sebuah DataCenter A (Site Jakarta) kemudian Disaster Recovery Site A (Site Bogor) ketika di Recovery otomatis Site Bogor menjadi Production Anda dan Site Jakarta. Dan Ketika sudah normal kembali Site Jakarta akan menjadi Production kembali dan Site Bogor menjadi DR.
Dalam kondisi seperti ini tentunya Disaster Recovery di Cloud adalah solusi yang paling cost effective dan spektakuler dalam proses recovery.

Disaster Recovery Cloud Aman kah?
Hal ini banyak menghantui orang yang ingin menggunakkan Disaster Recovery di Cloud, dan sekali lagi Mr.IC memberikan jawabannya , “ Disaster Recovery di Cloud harus didukung dengan system Security yang handal baik di level network maupun di level keamanan fisik”.

Di level Network harus dipersiapkan perangkat Firewall, Anti DDos, Load Balancer dan Switch dalam 10GB support sehingga sangat membantu dalam proses Recovery berlangsung dan data anda aman.
Di level Fisik harus dipersiapkan Datacenter dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga hanya Person In Charge saja yang bisa akses kedalam tidak ada  pihak lain, selain itu dilevel Hardware juga dipersiapkan
System Redundancy dimana seluruh perangkat memiliki Backup sehingga Single Failure Perangkat Hardware tidak terjadi. 

So, masih adakah keraguan dalam diri anda menggunanakan Disaster Recovery di Cloud….tentunya anda bisa jawab sendiri sesuai dengan pemaparan saya diatas tadi.

Kata bijak kali ini adalah :”  Pakailah Solusi Disaster Recovery anda di Cloud dan Perhatikanlah apa yang terjadi jika anda terjadi Disaster Kelak “.

* Penulis adalah Leader komunitas VMUG ID 
Title: Keuntungan Disaster Recovery di Cloud; Written by Naufal Assagaf; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. om admin, tiap artikel bisa di tag nama kontributornya ga ya, jadi kalo mau disearch artikel2 per kontributor bisa lebih cepad :) .. thanks ya

    BalasHapus