Rabu, 03 Juli 2013

Liputan Acara VMware Community Gathering 28 Juni 2013 di PT. Avnet Datamation Solutions

Pada hari jum'at tanggal 28 Juni 2013, VMUG indonesia mengadakan acara gathering di kantor Avnet Datamation Solutionsyang berlokasi di Jl.Abdul Muis, Gedung Wisma BSG lt.6 Ruang Borobudur. Acara di mulai sekitar antara jam 5-6 sore dengan networking antar peserta sambil disuguhkan cendol segar oleh tim Avnet (Ibu Regina dkk). 
Ketika sebagian besar peserta telah hadir, acara dilanjutkan dengan technical discussion, di mulai dengan pembukaan dari tim AVnet yaitu ibu Regina dan ibu Syacha, kemudian dilanjutkan oleh Bro Eros dari VMware yang membahas mengenai VADP yang merupakan API bagi third party backup solution yang ingin di integrasikan dengan VMware vSphere, serta juga membahas VDP yang merupakan solusi backup dari VMware sendiri, tidak lupa pada akhir sesinya Bro Eros men-demokan proses bacup dengan menggunakan VDP.
Bro Eros Membahas tentang VADP & VDP
Setelah sesi Bro Eros, langsung di lanjutkan dengan pembahasan solusi backup dari Commvault oleh Bro Tigor, dengan mengusung beberapa keunggulan dari solusi backup yang ditawarkan oleh Commvault, pada sesi ini sempat juga ada pertanyaan mengenai solusi backup untuk infrastruktur yang berada di Cloud Provider dan Pak Yos yang merupakan salah satu pendekar dari negeri awan Indonesian Cloud ikut memberikan penjelasan mengenai hal tersebut untuk menambahkan jawaban yang disampaikan oleh Bro Tigor. Menutup sesinya itu, Bro Tigor memperlihatkan video demo tentang proses backup vmware dengan menggunakan solusi dari Commvault yang disitu diperlihatkan bagaimana kemudahan dan kecepatan proses backup yang dapat dilakukan dengan menggunakan Commvault.
Sebelum berlanjut ke sesi berikutnya, acara break sebentar untuk mengambil dinner yang telah di sediakan dengan menu yang cukup menggugah selera, juga sambil ngopi dan nyusu untuk nyantai di acara gathering yang suasananya tidak terlalu formal ini. Lalu acara berlanjut ke sesi pembahasan produk storage NetApp oleh Bro Hendrik, jika pada sesi sebelumnya yang disampaikan oleh Bro Tigor pembahasannya adalah tentang solusi backup, maka pada sesi yang disampaikan oleh Bro Hendrik ini diskusinya lebih condong ke pembahasan teknologi storage yang mana NetApp merupakan salah satu vendor storage yang tidak asing lagi dalam dunia IT.
Saat sesi yang disampaikan oleh Bro Hendrik selesai, maka acara pamungkas untuk melengkapi kesempurnaan acara malam itu Bro Purwandi selaku VMUG Leader untuk Chapter Indonesia sekaligus Founder VMware Community Indonesia berdua dengan Sist Catherine yang unyu-unyu dari VMware Indonesia berduet-maut bersamaan menyampaikan kepada para peserta yang hadir malam itu mengenai apa itu VMUG dan apa roadmap VMUG indonesia yang ingin di realisasikan bersama komunitas VMware indonesia, sekaligus memotivasi semua peserta untuk bersama-sama memajukan komunitas ini.
Ketika semua sesi selesai, maka seperti acara kumpul-kumpul pada umumnya, yaitu harus ada moment untuk ber-narsis ria, semua peserta yang hadir malam itu berfoto bersama dengan pose andalannya masing-masing.
Acara ini tidak hanya dihadiri oleh para peserta yang berdomisili di jakarta, namun banyak juga yang berasal dari luar kota yaitu dari depok, tangerang dan bekasi, bahkan ada yang dari medan yaitu Bang Bro Simon Pakpahan. Sayangnya salah satu member komunitas yang cukup getol menyemangati diadakannya acara ini malah berhalangan hadir karena harus menjalankan tugas negara ke Yogyakarta, yaitu Bro Oki Purwana.
Semoga acara semacam ini bisa dilakukan secara rutin dan makin meningkatkan kebersamaan para peserta komunitas ini. Tidak lupa disampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim Avnet selaku tuan rumah yang telah menyediakan tempat beserta suguhan yang sangat luar biasa kepada seluruh peserta yang hadir, dan juga terimakasih kepada para peserta yang menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk hadir di acara ini meskipun harus berjuang dengan kemacetan di jum'at sore. (NA)
Title: Liputan Acara VMware Community Gathering 28 Juni 2013 di PT. Avnet Datamation Solutions; Written by Anonim; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar