Senin, 30 Desember 2013

Gratis lisensi SUSE Linux Enterprise Server for VMware !

Bagi pengguna Linux level Enterprise untuk environment VMware vSphere mendapatkan kabar baik dari SUSE Linux Enterprise Server (SLES), karena sekarang SLES dapat didownload, dan digunakan secara gratis (include update and support) oleh pemilik lisensi VMware vSphere untuk level Standard keatas.

Berarti jika anda telah menggunakan VMware vSphere (dengan lisensi level Standard atau lebih tinggi) untuk lingkungan virtualisasi infrastruktur server anda, maka anda tidak perlu lagi membeli lisensi SLES (untuk mendapatkan update patch dan support) jika menggunakan sistem operasi tersebut pada virtual machine dalam vSphere, karena sudah disediakan secara gratis.

Yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cek dulu apakah anda memenuhi syarat untuk dapat mennggunakan SLES for VMware secara gratis termasuk update dan dukungan teknisnya, caranya adalah masuk ke halaman Complimentary Product Eligibility Portal menggunakan akun My VMware yang dimiliki, disitu anda akan diminta memasukkan license key host vSphere yang akan anda gunakan untuk mendeploy SLES sebagai VM. Tujuannya adalah untuk mem-verifikasi apakah anda masih memiliki kontrak SnS (Support and Subscription) yang masih aktif/berlaku.
  2. Setelah memverifikasi kelayakan anda pada point no.1, maka anda akan dikirimkan kode aktifasi (satu kode aktifasi per lisesnsi vSphere). Kode tersebut digunakan untuk mengaktifkan fitur patch/update SLES for VMware. Jika anda telah memiliki akun sebagai customer SUSE maka anda tinggal memasukkan usernam dan password akun SUSE anda disini (jika belum memiliki akun, maka anda harus membuatnya dulu), setelah login maka anda dapat men-download file ISO SLES for VMware.
  3. Pada saat instalasi, gunakan kode aktifasi dari VMware untuk memastikan SLES anda mendapatkan update dan patch. Proses instalasinya sama seperti proses instalasi SLES pada umumnya (tidak berbeda antara SLES dengan SLES for VMware).
VMware menawarkan dua jenis pilihan dukungan teknis lewat telepon untuk pengguna SLES for VMware, yaitu Basic dan Production. Dukungan teknis itu akan diberikan langsung oleh VMware Global Support Services, tentunya dukungan teknis tersebut hanya berlaku bagi sudah mengaktifkan kode aktifasi dari point no.1 diatas.

Referensi:
- https://www.suse.com/partners/alliance-partners/vmware/
- http://www.vmware.com/products/sles-for-vmware/
Title: Gratis lisensi SUSE Linux Enterprise Server for VMware !; Written by Anonim; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar